Wisata Jurang Tembelan, Foto di Atas Kapal Titanic

Minggu, Februari 05, 2017




Wisata alam yang terhampar di Yogyakarta memanglah tidak ada habisnya, selalu ada hal baru, tempat baru yang terus di eksplorasi. Salah satunya adalah spot foto di Jurang Tembelan yang terletak di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Imogiri, Bantul Yogyalarta. Dimana letaknya sekitar 23 km dari kota Yogyakarta, juga tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang berjarak hanya sekitar 400 meter saja. Menurut penduduk sekitar, dahulunya tempat ini sebelum menjadi tempat wisata alam adalah ladang berkebun warga sekitar, namun kemudian warga sekitar menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata alam menikmati keindahan alam dari gardu pandang yang berbentuk menyerupai kapal Titanic dengan latar sungai Oya.

Jurang Tembelan ini bisa tergolong spot wisata baru di Yogyakarta, untuk selfie atau memotret terbitnya matahari dan jika beruntung kamu akan mendapati gumpalan awan di bawah perbukitan. 



Kami berangkat dari Semarang pukul 01.00 walau sempat tersesat dengan jalur yang kami lalui, namun akhirnya kami bisa sampai ke lokasi wisata. Saat itu jam menunjukkan pukul 05.30 terasa masih agak sepi sesampainya di sana. Mobil yang kami kendarai, kami parkirakan dan kami langsung berjalan masuk ke objek wisata. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja untuk menikmati keindahan alam di Jurang Tembelan.

Biaya parkir mobil       : Rp 5.000,-
Biaya parkir motor      : Rp 2.000,-

Disepanjang pintu masuk sudah banyak warung penjual yang berjualan yang dibuka oleh warga sekitar. Sesampainya di tepi jurang, pagi itu angin sedikit kendang dan dingin, saran saya kamu jangan lupa memakai jaket atau pakaian yang agak tebal agar kamu tetap hangat sehingga tidak merasa kedinginan. Spot yang paling dicari adalah gardu pandang yang berbentuk miniatur kapal Titanic. Selalu menjadi incaran para pencari topselfie untuk mengabadikan momen indahnya. Selain itu juga ada spot foto berbentuk sayap kupu kupu dengan latar pemandangan sungai Oya. Cukup asyik dan epik buat kamu khususnya pecinta travel nature, mengapa? Iya karena disini kamu bisa menikmati keindahan alam di desa Kanigoro, Mangunan, Yogyakarta. 


 
Agak susah juga sih jika kamu kesana saat musim penghujan untuk mencari foto sunrise di pagi hari seperti yang saya lakukan kemarin itu. Karena matahari akan tertutup mendung dan awan yang menggumpal sehingga sulit untuk mendapatkan foto tersebut.

Tentang fasilitas yang tersedia disana tak usah khawatir untuk itu. Sepertinya penduduk sekitar telah mempersiapkan matang matang sebelum membuka secara resmi wisata tersebut. Contohnya disana telah tersedia :
  1. Warung makan, menyediakan aneka makanan, minuman, kopi atau cinderamata.
  2. Musholla dari gazebo bambu. 
  3. Gazebo. 
  4. Gardu pandang Titanic dan kupu kupu. 
  5.  Tempat parkir luar. 
  6. Kamar mandi.
Well, selama saya, istri dan teman teman saya berada disana penduduk sekitar sangat sangat ramah kepada pengunjung. Tak segan mereka memberi tahu rute untuk menuju ke objek selanjutnya yang ingin kamu kunjungi, memberikan saran jalur yang bisa kamu lalui untuk pulang. Kearifan lokal yang sangat harmonis antara alam dan manusia bisa saya saksikan disana.



Nah asyik bukan? Segera atur jadwal buat agenda berkunjung kesana, ajak teman atau keluarga menikmati pemandangan alam Wisata Jrang Tembelan, Kanigoro, Mangunan, Imogiri, Bantul Yogyalarta.

You Might Also Like

0 komentar