Kesejukan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta

Kamis, Februari 09, 2017


Membahas spot spot wisata di Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Malah bakal bertambah terus menerus, seiring banyak spot yang di eksplorasi dan di posting ke sosial media. Itu juga salah satu yang menjadikan salah satu objek wisata menjadi cepat dan sangat terkenal, dan kemudian dikunjungi wisatawan.  Salah satu wisata yang beberapa waktu lalu saya, istri dan beberapa teman saya kunjungi adalah di kompleks Hutan Pinus Imogiri.

Hutan pinus ini terletak di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Hutan ini banyak sekali ditumbuhi pohon pinus merkusi, jadi tidak usah heran saat kamu berkunjung ke sini dan kamu bakal merasakan sejuknya dan damainya tempat ini. Sampai sampai saat kami memarkirkan kendaraan kami sudah sumringah luar biasanya. Bakal asyik ini tempat buat kita eksplore, dan gak akan kepanasan juga karena banyak pohon pinus yang mencegah langsung sinar matahari memapar kita.


Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Dari kota jogja berjalanlah ke arah selatan hingga sampai ringroad dan kemudian melewati Jl.Imogiri timur.
Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan imogiri kemudian belok kiri arah makan raja-raja.
Setelah sampai di pertigaan Sebelum makam raja-raja Imogiri, belok ke kanan arah Mangunan.
Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan kalau kekanan kebun buah mangunan, kalau lurus hutan pinus.
Ambil lurus (naik) dan beberapa ratus meter kemudian akan tampak pohon-pohon pinus disebelah kanan jalan dan tempat parkiran di kiri jalan.

Restribusi Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja untuk menikmati sejuknya hutan Pinus Imogiri ini :
Biaya parkir mobil : Rp 10.000,-
Biaya parkir motor : Rp 3.000,-

Keunikan Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta 

Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri masuk ke Panggung Sekolah Hutan yang sempat masuk ke postingan sosial media 9GAG.com . Dimana di postingannya ‘What band/singer would be suitable to have a concert there?’ (Siapa band/penyanyi yang cocok konser di situ).



Untuk masuk ke lokasi panggung tersebut kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja, namun dulu kata teman saya yang sudah pernah masuk ke area tersebut tidak dikenai tarif masuk. Mungkin karena sudah di posting oleh 9GAG.com jadi langsung makin terkenal dan dikenai tarif masuk deh. Itu menurut saya lho ya, kalau menurut kamu bagaimana? Hehehehe...... Btw bagus ya panggungnya, buat nyanyi galau galau gitu deh.

Fasilitas di Kawasan Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta



Sempat berkeliling ke beberapa spot di bagian lain area hutan ini, ternyata fasilitas yang diberikan pihak pengelola cukup baik. Petugas yang berada di beberapa spot sesuai tugasnya sungguh sangat ramah. Keramahan khas kita Gudeg yang juga tidak jauh beda dengan keramahan kota Solo. Fasilitas di objek tersebut antara lain :
1. Lahan parkir yang sangat luas, asli luas dan kamu bisa main bola sepak disana.
2. Warung makan kalau kalau lapar menyerang.
3. Musholla.
4. Gazebo.
5. Kamar mandi.
6. Gardu pohon pinus.

Setelah puas jalan jalan ke beberapa spot hutan ini, makin siang makin banyak orang yang datang ke kawasan tersebut. Ramai sekali waktu itu karena kebetulan sekali saat itu adalah libur Imlek. Objek wisata ini asli asyik banget buat dikunjungi, tapi tetap ya menjaga kelestarian hutan tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan disana, atau bahkan melakukan tindak vandalisme di beberapa spot objek hutan.



Pokoknya asyik sekali berkunjung ke tempat ini, sampai sampai kami tertidur pulas di dalam mobil karena saking sejuknya kawasan hutan tersebut. Lumayan buat mengembalikan energi kami untuk mengeksplore kota Jogja lainnya. Seru kan? Jangan lupa di share ya, Yuhu....

You Might Also Like

0 komentar