Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta

Senin, September 07, 2015

Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ala mini berada di perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta dengan ketinggian 450mdpl dengan jarak tempuh sekitar 40km dari kota Yogyakarta.
Pohon pandang di wisata Kalibiru

Sebenarnya trip kali ini benar benar tidak direncanakan oleh saya beserta istri saya, ketika itu bangun pagi yah bingung mau ngapain tercetuslah ide dari sang istri yuk kita ke Jogja dan tanpa piker panjang langsung saya mengiyakan ajakan tersebut. Dengan mengendarai motor Scoopy saya tancap gas langsung menuju arah ibukota Yogyakarta dengan jarak tempuh 4 jaman lah sembari istirahat juga sekalian salat di tengah jalan.
Sampai di Yogyakarta sebenarnya kami juga masih bingung, minim informasi tentang objek yang akan kami sambangi berfikirlah saya untuk mengisi perut sejenak di gudeg Yu Djum cabang Malioboro, selesai makan kami tanya tanya deh ke pelayan gudeg tersebut, tahukan kalau penduduk local lebih ngerti dan kenal tentang seluk beluk ota mereka sendiri. Alhasil kami bisa mengorek ngorek informasi tentang objek wisata yang akan kami kunjungi dengan menanyakan jalur, medan seperti apa, dan yang pasti amankah karena itu modal penting untuk mengetahui informasi objek yang baru pertama kali akan dikunjungi. Bergegaslah kami menuju ke daerah Kulonprogo letak dimana wisata alam Kalibiru berada.
Waduk Sermo Kulonprogo
Sepanjang jalan menuju Kulonprogo begitu amazing broo, asli sumpah kanan kiri terhampar sawah hijau yang luas, adem, asri pula. Sebenarnya ada dua jalur yang dapat kamu lalui untuk menuju wisata Kalibiru, satu dari pintu masuk Waduk Sermo, satu lagi dari arah Clereng. Kami masuk melalui waduk Sermo dan taraaaaa untuk retribusi dikenakan Rp 4.000 per orang. Saat memasuki kawasan waduk, satu akta yang terlontar dari mulut kami waahhhhhhhhhhhhhhhhh gila waduknya keren banget lontar kami berdua. Tak lupa kami mengabadikan beberapa moment foto walaupun ini bukan objek wisata tujuan kami, lumayanlah buat stok foto J
Banyak anak muda dan penduduk sekitar menikmati sore santai di pinggiran waduk Sermo ini. Banyak juga anak alay nya sih, hihihihihi.


 Sampailah kami dengan penuh perjuangan menuju ke Kalibiru, jalannya nanjak terus cuyyyy gilaaa hampir mirip trip kami saat ke Dieng, tapi di Dieng lumayan gede jalurnya lah ini udah di dalam hutan sempit pula jalannya, untung matic kami handal brooooo :D. Untuk tempat parkir cukuplah untuk menampung beberapa motor dan mobil, dengan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,- dan mobil Rp 5.000,- kamu bisa menitipkan kendaraan kamu secara aman karena dikelola oleh penduduk lokal.

Parkiran yang masih bisa digunakan untuk mobil
 Memasuki pintu objek wisata Kalibiru kamu bakal di cegat oleh mbak dan mas penjaga untuk membayar retribusi sebesar Rp 5.000,- per orang jadi cukup murah banget untuk menikmati indahnya perbukitan Menoreh yang ada di Kulonprogo Yogyakarta. Saat kami datang kesana hujan rintik rintik yang syahdu membasahi kami, agak kurang asyik sih sebenarnya tapi apa mau dikata tetep dibuat happy brooo.
Suasana saat liburan

Menuju area wisata tersebut, nampak kami melihat di kanan kiri telah didirikan homestay berupa rumah kayu siap dipakai jika kamu ingin bermalam menikmati malamnya di perbukitan Menoreh ini, untuk biayanya saya tidak menanyakan ke pihak pengelola. Sepertinya asyik sedikit seram sih karena pasti malam hari sepi banget ini kompleks.
Nikmatin alam sambil foto foto itu wajib, disana disediakan juga jasa foto di atas pohon kalau kamu mau mencobanya, dengan antri untuk mendaftar dan giliran untuk di ambil gambranya sesuai ekspresi kamu. Dengan membayar Rp 5.000 per foto kamu bisa request berapa foto yang akan kamu ambil langsung bisa di transfer file fotonya di tempat. Selain itu disana juga ada outbondnya, kamu bisa menikmati flyfox, sayang memang karena hujan saat itu saya minim informasi untuk menanyakan beberapa wahana outbond yang bisa disewakan dengan tentunya tarifnya.

Tips kalau kamu akan kesini : perhatikan cuaca karena penting untuk menikmati suasana pemandangan alam yang indah ini.
Pemandangan waduk Sermo dari pohon pandang

Flying Fox
Hanya beberapa take foto yang kami abadikan, benar benar mepet waktunya saat itu jadi ya kami mengambilnya dengan ala kadarnya, ditambah hujan semakin deras saat itu kami juga tergesa untuk segera turun karena hari mulai gelap.

Yah, untuk trip kali ini kita berhasil untuk mengekslpore wisata alam Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta walaupun belum maksimal menurut kami, tapi apapun itu kami tetep menikmatinya. Welldone kamu bisa mencoba atau menjadikan wisata di Kalibiru ini pilihan untuk bertamsya bareng keluarga atau gebetan kamu. Pokoknya #jalanjalanterus ya. Oh iya kami share sedikit rute menuju Kalibiru dari Yogyakarta kota ya, sesuai rute yang telah kami lewati :
  1. Kalau kamu dari arah Yogyakarta kota, saat itu tepatnya saya start dari Malioboro, ambil rute menuju Purworejo atau Wates nah kamu ikutan aja terus jalan provinsi sampai menemukan terminal Wates. Lihat petunjuk jalan yang ada di dekat terminal ambil arah menuju ke waduk Sermo dan ikuti jalan tersebut hingga sampai ke wisata waduk Sermo karena jalur menuju sana juga bisa melewati waduk Sermo.
  2. Jalur dari Waduk Sermo, ketika kalian masuk dan melewati jembatan dan kantor pemantauan Waduk sermo ada sebuah jalan menanjak ikuti ajah jalan tersebut lurus terus (khusus untuk roda 2) atau bisa lewat setelah kalian melewati wisata perahu wisata ikuti ajah jalan ntar sebelum SD atau jembatan ada papan petunjuk menunju Kalibiru - ikuti ajah jalan tersebut - sampai di sebuah pertigaan kalian ambil kiri - ikuti terus kalau nemu pertigaan tetap terus ntar Dewa Wisata Kalibiru ada disebelah kanan.

You Might Also Like

0 komentar