Indahnya Pemandangan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Minggu, September 20, 2015



Yogyakarta memang sudah terkenal dengan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata kuliner atau wisata malamnya. Semua komplit ada di kota Yogyakarta, dan enta mengapa semua orang yang kesana baik sekeda berwisata, bekerja atau menuntut ilmu disana rasa rasanya memang bakal ingin balik lagi kesana. Ada rasa kangen terus untuk kesana, bahkan grupband Kla Project saja sampai membuat lagu dengan judul Yogyakarta.
Pemandangan dari Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan
Terlalu banyak wisata yang ada disana,seharian juga gak akan cukup untuk explore keindahan Daerah istimewa Yogyakarta. Kemarin Selasa, 15 September 2015 saya dan istri saya mengunjungi salah satuobjek wisata alam yang ada di Yogyakarta bagian utara. Tepatnya di daerah Mangunan Yogyakarta. Jarak tempuh dari kota sendiri tidakla begitu jauh, hanya memakan waktu lebikurang 1 jam dengan berkendara motor.
Rute untuk sampai di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta :

  1. Karena kemarin rute yang saya lalui dari Yogyakarta kota, jadi saya ambil titik tengah dari kota menuju ke terminal Giwangan.
  2. Ambil rute tersebut, kemudian menuju ke arah selatan melewati Jalan Imogiri Timur sampai mentok.
  3. Kemudian akan ada pertigaan, jika ke kanan ke arah Selopamiyo jika ke kiri ke arah makam Raja kalian pilih ke kiri yaitu arah Makam Raja.
  4. Ikuti saja petunjuk jalan yag sudah terpasang, insya Alloh penunjuk jalannya sudah lengkap mengarahkan kita untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan Yogyakarta.
Kering dan tandus
Lumayan masih ada yang hijau hijau


Jangan lupa siapin gadget buat selfie

Untuk samai ke tempat wisata, dari pintu masuk kita harus membayar tiket Rp 5.000 per orang. Dari pintu masuk menujun objek gardu pandanglumayan jauh, saya sarankan untuk tetap berkendara motor serta jalan yang dilewati masih semi semen. Jadi masih ada beberapa jalan menuju objek yang berbatu, mungkin karena kontur tana yang memang didominasi bebatuan, seingga semen mungkin lama kelamaan juga bakal pecah. Kita akan melewati kolam buatan yang lumayan luas, setelah itu jalan yang menanjak dengan kemiringan yang lumayan ekstrim jadi saya sarankan motornya harus seat ya. Mungkin saat musim hujan, jalanan masuk ini pasti licin dan berbahaya. Jalan yang terus menanjak, dan bentuk jalan yang masih banyak bebatuan barula kita sampai di parkiran. Karena saatitu hari boasa jadi pengunjungnya sedikit, dan rata rata adala mahasiswa mahasiswi Yogyakarta sendiri.
Pemandangan sebelah kanan

Sudah mirip Viky Prasetyo kah?

Kering pepohonan

Menuju objek wisata gardu pandangnya, kita bisa melihat hamparan luas dataran tinggi yang dimana cirri khas dari kompleks Gunung Kidul yang membentang dari Utara sampai Selatan Yogyakarta, seperti benteng yang melindungi rovinsi tersebut. Sayang saat itu musim kemarau,jadi banyak pepohonan, tanaman yang kering kerontang. Banyak lahan tandus serta panas anginnya, maklum angin kemarau jadi panas.
Sejauh mata memandang hamparan tandus, mungkin kalau musim hujan bakal hijau menyegarkan serta sungainya tidak kering seperti saat ini. Banyak muda mudi yang datang pada siang itu, berfoto ria, berselfie ria atau mala wefie ria. Di beberapa spot ada bangunan gazebo untuk memberikan tempat istrihat bagi pengunjung, untuk berteduhdari teriknya siang itu. Namun saying, pastilah setiap tempat ada fasilitas umum tidak akan jauh dari vandalism. Semuanya dicorat coret sana sini dengan spidol, tipe x atau bolpoin, sungguh disayangkan sebenarnya. Banyak fasilitas juga yang kurang terawat,mulai dari atap gazebo yang sudah bocor.
Cheerrsssss

Walau seperti itu, tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang menikmati pemandangan alam Imogiri ini. Tips dari saya sih untuk berkunjung ke Kebun Buah Imogiri Bantul ini :
  1. Pilih waktu terbaik untuk menikmati sunrise atau sunset yaitu pada pagi hari atau sore hari. Karena bakal dapat pemandangan yang pe to the cah. PECAH!
  2. Bawa kendaraan yang benar benar fit atau sehat,jalur menuju objek masih lumayan ekstrim untuk dilalui.
  3. Bawa bekal sendiri, air minum sendiri karena disana jarang orang menjajakan makan,dan menurut saya jajanan disana tidak rekomended bagi saya.

Karpet hijau

Kepanasan cyinnnn
Ya, apapun dan dimanapun kamu berkunjung ke objek wisata,jangan pernah selalu untuk mengabadikan momen bersama istri, keluarga, teman atau pacar tercinta. Sebagai bentuk dokumentasi ruang waktu jika suatu saat kangen tempat tersebut. Objek wisata ini saya suka, karena mungkin jika saya berkunjung saat bukan musim kemarau bakal dapat pemandangan yang wow. Dan timing yang pas pasti juga akan mendapatkan momen yang WOW.

You Might Also Like

0 komentar